DP bbm kota solo

**Dapatkan lebih banyak Animasi DP BBM di sini 

Sejarah Kota Solo (Solo Punya Cerita)

Mungkin banyak orang belum tahu bawa asal mula kota Surakarta berawal dari sebuah desa kecil bernama desa Sala, begini ceritanya:
Pada tahun 1742 terjadi peristiwa “Geger Pecinan”, yaitu peristiwa pemberontakan orang-orang cina yg dipimpin mas Garendi atau Sunan Kuning terhadap kekuasaan kolonial Belanda di pusat kerajaan Mataram di Kartasura. Pemberontakan ini mengakibatkan kerusakan yang sangat parah di pusat keraton.
Mengetahui hal ini, Sri Susuhunan Paku Buwana II memerintahkan beberapa abdi dalemuntuk mencari lokasi baru yang akan dijadikan tempat dibangunnya pusat keraton yang baru. Atas, perintah tersebut maka dicarilah beberapa tembpat baru. Dari proses pencarian, ditemukan tiga desa, yaitu Desa Kadipala, Desa Sala, dan desa Sana Sewu. Setelah berunding, akhirnya dipilihlah Desa Sala untuk diajukan kepada Sunan PB II sebagai pusat keraton Mataram yang baru.
Kemudian, PB II memerintahkan utusan untuk meninjau Desa Sala sekaligus meminta izin secara baik-baik kepada kepala dusun Sala, yaitu Kyai Sala. Kyai Sala mengajukan beberapa persyaratan kepada sang Sunan. Setelah beberapa persyaratan dilakukan, maka secara resmi dilakukan bedol Kraton secara besar-besaran pada !& Februari 1747.
Pemberian nama Surakarta sendiri masih dikaitkan dengan nama keraton sebelumnya yaitu keraton Kartasura. Pemberian nama Surakarta ini diharapakan menjadikan Kerajaan Mataram memperoleh kembali kejayaan dan ketemtraman seperti sebelumnya.
Pada perkembangan selanjutnya, daerah kerajaan Surakarta Hadariningrat, mengalami pembagian wilayah akibat perang saudara yang dilatbelakangi oleh politik “devide et empera” Belanda. Pada perjanjian Giyanti, 13 Februari 1755, keraton Mataram dipecah menjadi dua, yaitu Kasunanan dan Kasultanan Ngayogyakarta. Kedua wilayah tersebut kemudian dipecah lagi menjadi empat kerajaan melalui Perjanjian Salatiga tahun 1757, sehingga bertambah dua kerajaan lagi yaitu Kasunanan Mangkunegaran (Pecahan dari Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Pakualaman (pecahan dari Ngayogyakarta Hadiningrat).
Dengan demikian, di Surakarta terdapat dua kerajaan yang masih ada hingga kini. Lalu, secara de facto, pada tanggal 16 Juni 1946 terbentuklah Pemerintah Daerah Kota Surakarta yang berhak mengatur dan mengurus ruma tangganya sendiri, yang sekaligus menghapus kekuasaan Kerajaan Kasunanan dan Mangkunegaran. Maka, tanggal 16 Juni diperingati sebagai hari jadi Kota Surakarta (Solo).
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DP BBM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger