dp uang

Penipuan lewat Email: Transfer Uang dari Luar Negeri

Dunia maya memang sangat rentan sekali. Didunia virtual ini setiap gerak-gerik dan identitas penggunanya terkadang bersifat anonymous atau palsu jadi bisa dengan mudah untuk melakukan teknik penipuan. Sudah banyak korban yang berjatuhan dari kejamnya penipuan dengan berbagai motif dari dunia internet. Salah satu bentuk penipuan internet yang masih banyak bertebaran sampai saat ini adalah Penipuan lewat Email yang berkedok Transfer Uang dari Luar Negeri. Dimana si penipu akan mengirimkan email berisi penawaran yang sangat menarik dan bersifat seakan menguntungkan dari pihak yang dikirimi email (korban). Motif penipuan lewat email seperti ini memang tergolong teknik yang jadul dan sudah lama, tapi sampai saat ini ternyata motif ini masih saja digunakan. Namun parahnya masih saja ada orang yang percaya dan menanggapi dengan baik tawaran manis yang berujung pahit ini. Salah satu korbanya adalah sahabat dekat kakak saya, dia menerima email yang berisi penawaran untuk menerima uang (transfer), dengan tujuan menyimpan sementara uang dari sang penipu di rekening dia dikarenakan ceritanya si penipu berada di negara luar indonesia dan ingin kabur ke indonesia dengan membawa uang (yang jumlahnya banyak). Dan sebagai imbalannya, orang yang mau meminjamkan rekeningnya (korban) akan diberi imbalam berupa beberapa persen dari uang yang diceritakan.
Menurut pengalaman sahabat kakak saya (yang sudah menjadi korban), dalam menjalankan aksinya ini sang penipu biasanya menyertakan syarat tertentu dalam email yang dikirim ke korbanya. Biasanya berupa alamat lengkap, KTP, pekerjaan, nomor telpon dll. Jika sang korban menanggapi dan membalasnya serta memberikan semua persyaratan yang ada pada email itu, selanjutnya si korban akan di telpon dan diminta untuk memberikan no rekening nya untuk dintransfer sejumlah uang yang diinformasikan dalam email tadi. Setelah sikorban memberikan no rekeningnya, saat itulah proses penipuan dijalankan. Sipenipu akan mengkonfirmasikan bahwa jumlah uang yang di informasikan di email sudah di transferkan ke rekening korban. Namun sebenarnya sipenipu tak pernah mengirim uang seperserpun pada rekeningnya.
Nah saat itulah si korban menemukan kejanggalan, bahwa uang yang dijanjikan tersebut tidak sampai dan tidak ada di rekeningnya. Disini si pihak penipu akan belagak bingung, dan terus meyakinkan si korban bahwa dia sudah benar-benar mengirim uangnya serta terus mengulang-ulang no rekening kita untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam no rekening. Setelah si penipu berdrama dan berakting abis-abisan meyakinkan si korban tentang kebenaran trensaksinya, maka sebagai jalan terakhir si penipu akan menyuruh si korban untuk menghubungi call center dari bank yang dia gunakan. Dan nomor call centernya di informasikan langsung oleh si penipu, nomor itu adalah nomor yang sudah di persiapkan si penipu sebagai nomor call center bank. Dan diujung nomor telpon tersebut sudah menunggu pembantu si penipu yang bertugas sebagai costumer service palsu bank palsu. Jika si korban menyanggupi apa yang dikatakan si penipu dan menelpon call center palsu tersebut, maka si costumer service bajakan itu akan menyapa dengan lembut dan berbicara layaknya costumer bank sungguhan yang profesional serta bertutur kata sopan dan sedikit lebai (biasanya cewe).
Saat si korban mengadukan tentang masalahnya yang tadi, maka disinilah peran si costumers service palsu itu untuk berpura-pura membimbing si korban menyelesaikan masalahnya. TAPI ternyata bukan masalahnya yang terselesaikan, melainkan akan menimbukan masalah baru, soalnya secara tidak disadari si korban akan di bimbing secara perlahan untuk mentransferkan semua isi uang yang ada di rekeningnya ke rekening sang penipu. Dan si korban tidak akan merasa sedang ditipu karena dia akan merasa bahwa cotumer bank tak akan mungkin akan menipu…  Setelah proses selesai, maka si costumer service tersebut akan segera menutup telponnya, saat itulah si korban akan menangis menyesali kebodohannya…ckck

 

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DP BBM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger